Alur Tujuan Pembelajaran

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

No

Dimensi

Capaian Pembelajarn (CP)

Tujuan Pembelajaran (TP)

Kelas/Semester

 

Waktu

 

1

Pemahaman IPA

Peserta didik memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya; sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan sekitarnya.

Peserta didik melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya, tekanan, serta pesawat sederhana.

Peserta didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan.

Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya mengenai posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya untuk menjelaskan fenomena alam dan perubahan iklim.

Peserta didik memahami sifat fisika dan kimia tanah dan menganalisis hubungannya dengan organisme, perubahan iklim, serta pelestarian lingkungan.

Peserta didik memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan.

 

1.     Menyebutkan cabang-cabang ilmu sains diserta bidang yang dipelajarinya.

VII/I

1 JP

2.     Menjelaskan simbol-simbol bahan kimia berbahayadi laboratorium.

VII/I

1 JP

3.     Menyebutkan jenis-jenis alat laboratorium serta fungsinya

VII/I

2 JP

4.     Melakukan pengukuran dengan menggunakan suatu alat ukur.

VII/I

3 JP

5.     Menjelaskan metode ilmiah untuk menunjang kegiatan ilmiah.

VII/I

1 JP

6.     Menganalisis perbedaan antara zat padat, cair, dan gas.

VII/I

2 JP

7.     Menganalisis perbedaan perubahan fisika dengan perubahan kimia.

VII/I

2 JP

8.     Menerapkan kerapatan zat dalam percobaan.

VII/I

3 JP

9.     Menganalisis perbedaan suhu dengan kalor

VII/I

1 JP

10.  Melakukan konversi satuan suhu

VII/I

3 JP

11.  Mendeskripsikan pemuaian beserta jenis-jenis pemuaian

VII/I

1 JP

12.  Melakukan percobaan mengenai suhu dan kalor

VII/I

3 JP

13.  Mendeskrispsikan unsur-unsur gerak pada benda

VII/I

1 JP

14.  Menganalisis perbedaan gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan.

VII/I

3 JP

15.  Megidentifikasi jenis-jenis gaya.

VII/I

2 JP

16.  Mendeskripsikan perbedaan antara makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan karakteristiknya.

VII/II

2 JP

17.  Menganalisis Teknik pengelompokan makhluk hidup.

VII/II

3 JP

18.  Menganalisis interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem.

VII/II

2 JP

2

Keterampilan Proses

·       Mengamati

Peserta didik mampu melakukan pengamatan terhadap fenomena dan peristiwa di sekitarnya dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik objek yang diamati.

·       Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan

Peserta didik mampu merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan data yang akurat dan memahami adanya potensi kekeliruan dalam penyelidikan.

·       Memproses, Menganalisis Data dan Informasi

Peserta didik mampu mengolah data dalam bentuk tabel, grafik, dan model serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data. Peserta didik mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti.

·       Mengevaluasi dan Refleksi

Peserta didik mampu mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan, serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data

·       Mengkomunikasikan Hasil

Peserta didik mampu mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh yang ditunjang dengan argumen dan bahasa yang sesuai konteks penyelidikan.

19.  Menjelaskan pentingnya konservasi.

VII/II

2 JP

20.  Menjelaskan macam-macam benda langit.

VII/II

5 JP

21.  Menganalisis akibat dari pergerakan bumi dan benda langit lainnya terhadap fenomena di bumi.

VII/II

3 JP

22.  Menjelaskan perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan.

VIII/I

3 JP

23.  Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.

VIII/I

5 JP

24.  Menjelaskan struktur dan fungsi sistem pencernaan makanan.

VIII/I

3 JP

25.  Menjelaskan struktur dan fungsi sistem peredaran darah

VIII/I

3 JP

26.  Menjelaskan struktur dan fungsi sistem pernapasan.

VIII/I

3 JP

27.  Menjelaskan struktur dan fungsi sistem ekskresi.

VIII/I

3 JP

28.  Menerapkan konsep usaha, energi, dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

VIII/I

5 JP

29.  Menerapkan konsep getaran, gelombang, dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

VIII/II

7 JP

30.  Menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.

VIII/II

5 JP

31.  Melakukan percobaan Teknik pemisahan campuran.

VIII/II

3 JP

32.  Menjelaskan struktur bumi.

VIII/II

2 JP

33.  Menjelaskan penyebab terjadinya gempa.

VIII/II

2 JP

34.  Menjelaskan proses terbentiuknya gunung berapi.

VIII/II

2 JP

35.  Menjelaskan perbedaan antara sistem reproduksi pada manusia, tumbuhan dan hewan.

IX/I

5 JP

36.  Menjelaskan konsep hukum genetika mendel.

IX/I

3 JP

37.  Menentukan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida.

IX/I

5 JP

38.  Menjelaskan konsep bioteknologi.

IX/I

2 JP

39.  Menerapkan bioteknologi konvensional pada kehidupan sehari-hari.

IX/I

5 JP

40.  Menganalisis perbedaan atom, ion, dan molekul.

IX/I

3 JP

41.  Menjelaskan macam-macam zat adiktif dan psikotropika.

IX/I

3 JP

42.  Menjelaskan pristiwa yang menghasilakn Listrik statis.

IX/II

2 JP

43.  Menghitung hambatan pengganti, jumlah tegangan, dan kuat arus listriki pada sebuah rangkaian.

IX/II

5 JP

44.  Menjelaskan konsep kemagnetan.

IX/II

3 JP

45.  Menjelaskan cara membuat magnet.

IX/II

3 JP

46.  Menjelaskan konsep gaya lorentz.

IX/II

2 JP

47.  Menjelaskan konsep tekanan zat pada suatu benda.

IX/II

3 JP

48.  Menjelaskan konsep fisika dan kimia tanah

IX/II

3 JP




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Getaran

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Tugas Getaran