Alur Tujuan Pembelajaran
ALUR
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
No |
Dimensi |
Capaian Pembelajarn (CP) |
Tujuan Pembelajaran (TP) |
Kelas/Semester |
Waktu |
|
1 |
Pemahaman
IPA |
Peserta didik
memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya;
sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan
campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau
gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk hidup dan
lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi
perubahan iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di
lingkungan sekitarnya. Peserta didik
melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan
ragam gerak dan gaya, tekanan, serta pesawat sederhana. Peserta didik
memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya
terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan
yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi
listrik ramah lingkungan. Peserta didik
mengelaborasikan pemahamannya mengenai posisi relatif bumi-bulan-matahari
dalam sistem tata surya untuk menjelaskan fenomena alam dan perubahan iklim. Peserta didik
memahami sifat fisika dan kimia tanah dan menganalisis hubungannya dengan
organisme, perubahan iklim, serta pelestarian lingkungan. Peserta didik
memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari zat
aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan. |
1.
Menyebutkan cabang-cabang ilmu sains diserta bidang
yang dipelajarinya. |
VII/I |
1
JP |
|
2.
Menjelaskan simbol-simbol bahan kimia berbahayadi
laboratorium. |
VII/I |
1
JP |
|||
|
3.
Menyebutkan jenis-jenis alat laboratorium serta fungsinya |
VII/I |
2
JP |
|||
|
4.
Melakukan pengukuran dengan menggunakan suatu alat
ukur. |
VII/I |
3
JP |
|||
|
5.
Menjelaskan metode ilmiah untuk menunjang kegiatan
ilmiah. |
VII/I |
1
JP |
|||
|
6.
Menganalisis perbedaan antara zat padat, cair, dan
gas. |
VII/I |
2
JP |
|||
|
7.
Menganalisis perbedaan perubahan fisika dengan
perubahan kimia. |
VII/I |
2
JP |
|||
|
8.
Menerapkan kerapatan zat dalam percobaan. |
VII/I |
3
JP |
|||
|
9.
Menganalisis perbedaan suhu dengan kalor |
VII/I |
1
JP |
|||
|
10. Melakukan
konversi satuan suhu |
VII/I |
3
JP |
|||
|
11. Mendeskripsikan
pemuaian beserta jenis-jenis pemuaian |
VII/I |
1
JP |
|||
|
12. Melakukan
percobaan mengenai suhu dan kalor |
VII/I |
3
JP |
|||
|
13. Mendeskrispsikan
unsur-unsur gerak pada benda |
VII/I |
1
JP |
|||
|
14. Menganalisis
perbedaan gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan. |
VII/I |
3
JP |
|||
|
15. Megidentifikasi
jenis-jenis gaya. |
VII/I |
2
JP |
|||
|
16. Mendeskripsikan
perbedaan antara makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan
karakteristiknya. |
VII/II |
2
JP |
|||
|
17. Menganalisis
Teknik pengelompokan makhluk hidup. |
VII/II |
3
JP |
|||
|
18. Menganalisis
interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem. |
VII/II |
2
JP |
|||
|
2 |
Keterampilan
Proses |
· Mengamati Peserta didik
mampu melakukan pengamatan terhadap fenomena dan peristiwa di sekitarnya dan
mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik objek yang
diamati. · Merencanakan dan
Melakukan Penyelidikan Peserta didik
mampu merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab
pertanyaan. Peserta didik menggunakan alat bantu pengukuran untuk mendapatkan
data yang akurat dan memahami adanya potensi kekeliruan dalam penyelidikan. · Memproses,
Menganalisis Data dan Informasi Peserta didik
mampu mengolah data dalam bentuk tabel, grafik, dan model serta menjelaskan
hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data. Peserta didik mengumpulkan
data dari penyelidikan yang dilakukannya, serta menggunakan pemahaman sains
untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti. · Mengevaluasi dan
Refleksi Peserta didik
mampu mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan
alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan, serta menjelaskan cara
spesifik untuk meningkatkan kualitas data · Mengkomunikasikan
Hasil Peserta didik
mampu mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh yang
ditunjang dengan argumen dan bahasa yang sesuai konteks penyelidikan. |
19.
Menjelaskan pentingnya konservasi. |
VII/II |
2
JP |
|
20.
Menjelaskan macam-macam benda langit. |
VII/II |
5
JP |
|||
|
21. Menganalisis
akibat dari pergerakan bumi dan benda langit lainnya terhadap fenomena di
bumi. |
VII/II |
3
JP |
|||
|
22. Menjelaskan
perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan. |
VIII/I |
3
JP |
|||
|
23. Melakukan
pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop. |
VIII/I |
5
JP |
|||
|
24. Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem pencernaan makanan. |
VIII/I |
3
JP |
|||
|
25. Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem peredaran darah |
VIII/I |
3
JP |
|||
|
26. Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem pernapasan. |
VIII/I |
3
JP |
|||
|
27. Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem ekskresi. |
VIII/I |
3
JP |
|||
|
28. Menerapkan
konsep usaha, energi, dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
VIII/I |
5
JP |
|||
|
29. Menerapkan
konsep getaran, gelombang, dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari. |
VIII/II |
7
JP |
|||
|
30. Menjelaskan
perbedaan unsur, senyawa, dan campuran. |
VIII/II |
5
JP |
|||
|
31. Melakukan
percobaan Teknik pemisahan campuran. |
VIII/II |
3
JP |
|||
|
32. Menjelaskan
struktur bumi. |
VIII/II |
2
JP |
|||
|
33. Menjelaskan
penyebab terjadinya gempa. |
VIII/II |
2
JP |
|||
|
34. Menjelaskan
proses terbentiuknya gunung berapi. |
VIII/II |
2
JP |
|||
|
35. Menjelaskan
perbedaan antara sistem reproduksi pada manusia, tumbuhan dan hewan. |
IX/I |
5
JP |
|||
|
36. Menjelaskan
konsep hukum genetika mendel. |
IX/I |
3
JP |
|||
|
37. Menentukan hasil
persilangan monohibrida dan dihibrida. |
IX/I |
5
JP |
|||
|
38. Menjelaskan
konsep bioteknologi. |
IX/I |
2
JP |
|||
|
39. Menerapkan
bioteknologi konvensional pada kehidupan sehari-hari. |
IX/I |
5
JP |
|||
|
40. Menganalisis
perbedaan atom, ion, dan molekul. |
IX/I |
3
JP |
|||
|
41. Menjelaskan
macam-macam zat adiktif dan psikotropika. |
IX/I |
3
JP |
|||
|
42. Menjelaskan
pristiwa yang menghasilakn Listrik statis. |
IX/II |
2
JP |
|||
|
43. Menghitung
hambatan pengganti, jumlah tegangan, dan kuat arus listriki pada sebuah
rangkaian. |
IX/II |
5
JP |
|||
|
44. Menjelaskan
konsep kemagnetan. |
IX/II |
3
JP |
|||
|
45. Menjelaskan cara
membuat magnet. |
IX/II |
3
JP |
|||
|
46. Menjelaskan
konsep gaya lorentz. |
IX/II |
2
JP |
|||
|
47. Menjelaskan
konsep tekanan zat pada suatu benda. |
IX/II |
3
JP |
|||
|
48. Menjelaskan
konsep fisika dan kimia tanah |
IX/II |
3
JP |
Komentar
Posting Komentar